Tanya Khazanah

TANYA KHAZANAH TRANS 7

EPISODE 5

 

1. Meluruskan Shaf | Shalat

Masalah shalat berjamaah: seringkali sebelum solat imam mengucapakn luruskan shaf, rapatkan shaf,.. karena merupakan kesempurnaan shalat. Saat itulah terkadang jemaah ada yang langsung merapatkan kaki, sampai nempel banget, ada yang menghindar.. tapi ada yang menyebutkan merapatkan shaf itu yang nempel harus mata kaki ketemu mata kaki. Ada yang bilang undak dengan pundak. Pertanyaannya, sebenarnya seberapa pentingkah merapatkan shaf itu dalam ibadah shalat?? Mana yang lebih tepat cara merapatkan shaf yang benr??


2. Telunjuk Saat Tahiyat | Shalat

Masalah mengangkat telunjuk saat tahiyat. Jika kita shalat berjamaah , seringkali kita menemui orang yang saat tahiyat baru mengangkat jari telunjuk saat membaca asyhadualla ilaha illallah. Ada juga yang dari awal tahiyat sudah mengangkat jari telunjuk. ada juga yang mengangkat jari telunjuk lalu menggerak gerakkan naik turun. Ada pula yang menggerak gerakkan melingkar, ada yang pelan ada yang cepat.. pertanyaannya, sebenarnya seperti apa mengangkat jari telunjuk yang tepat? Sebenarnya apa sih urgensi atau maksud ditetapkannya syariat mengangkat telunjuk saat tahiyat itu??


3. Menggambar Sosok Nabi | Umum

Masalah mengambarkan sosok nabi saw seringkali menimbulkan persoalan serius di kalangan umat islam. Misalnya komik yang menggambarkan sosok nabi saw. Atau film yang menampilkan sosok nabi muhammad saw. Apakah memang ada larangan tegas dari al quran dan hadis yang melarang penggambaran sosok nabi?? Jika memang dilarang, apakah menggambarkan sosok itu hanya terbatas paa nabi muhammad saw saja?? Karena di timur tengah banyak beredar film film yang menggambarkan sosok nabi lain selain nabi Muhammad saw. Seperti film nabi ibrahim, nabi ya’qub, film nabi yusuf, dan masih banyak film nabi nabi yang sosoknya ditampilkan.


4. Menggambar Sosok Shahabat | Umum

Selain sosok nabi, apakah menggambarkan sosok sahabat nabi juga dilarang, khususnya empat khalifah pertama?? karena di timur tengah sendiri, seringkali menjadi persoalan, mengapa demikian??


5. Membunuh Cecak | Umum

Banyak beredar artikel yang menganjurkan membunuh cicak, terkadang juga disebut tokek. Padahal kedua hewan ini tidak berbahaya bagi manusia, juga tidak mengganggu, mengapa harus dibunuh?? Sebagian orang bahkan bilang kalau membunuh tokek itu berpahala??


6. Membunuh Kucing | Umum

Banyak orang yang menganggap kucing itu binatang kesayangan nabi, ada yang bilang lagi kesayangannya sahabat nabi, maka orang yang menyayangi kucing akan mendapat pahala banyak. Benarkah demikian?