Tanya Khazanah

TANYA KHAZANAH TRANS 7

EPISODE 44

 

1. Anak Ikut ke Masjid | Wudhu

Masalah anak anak yg ikut ke masjid untuk shalat berjamaah selalu.menjadi persoalan sendiri.
Seringkali anak anak masuk dalam shaf di depan. Sehingga terkadang jika anak-anak masih balita, dia jalan ke sana kemari sehingga ada shaf kosong, tapi jamaah lain akan maju si anak tiba tiba kembali.
Jika diisi anak anak yg lebih besar terkadang mereka bercanda sehingga mengganggu jemaah di kiri dan kanan.Pertanyaannya :
a. sebenarnya anak yg belum balig yg masuk shaf jamaah itu memutus shaf atau tidak?
b. Lalu jika demikian siapa yg bertanggung jawab dengan shaf itu? Makmum terdekat atau imam?
C. Sebenarnya bagaimana mengatur shaf dalam shalat berjamaah untuk anak anak?


2. Suami Pengangguran | Wanita

Seorang suami adalah lmam rumah tangga dan bertanggung jawab menafkahi keluarga. Diapun wajib ditaati dan dihormati. Masalahnya, bagaimana bila kondisinya terbalik? suami menganggur dan mengurus rumah tangga, sedangkan sang istri bekerja? apakah sang istri yang sudah capek capek banting tulang mencari nafkah keluarga masih dibebani ketaatan mutlak pada sang suami, masih harus melayani suami, sementara sang suami menganggur? Apakah hak hak suami untuk ditaati oleh istri dii sini berkurang?


3. P3ngajian Ganggu Orang Shalat | Sah dan Batal Shalat

Larangan Mengganggu kekhusukan shalat. Bukankah shalat itu harus khusuk dan tidak boleh diganggu...
a. Ketika di masjid sedang ada kajian atau membaca al quran, ada orang datang ingin shalat, bagaimana seharusnya orang yang shalat ini? Karena pengajian itu suaranya keras sehingga jika ia shalat di dekatnya akan mengganggu kekhususkan???
b. Lalu bagaimana dengan orang2 yang sedang mengaji/kajian sementara disitu ada orang sedang shalat? Apakah pengajian bacaan quran dengan kencang itu harus dihentikan sambil menunggu selesainya orang shalat?, karena mengganggu orang yang sedang shalat itu haram.
c. Sebenarnya dalam kasus ini siapa yang mengganggu, orang yang shalat atau yang pengajian? Lalu pihak mana yang seharusnya menghormati agar tidak mengganggu?


4. Koleksi Barang | Zakat

banyak orang senang mengoleksi barang, tak hanya barang antik, bahkan banyak sekali saat ini orang suka mengoleksi barang barang, padahal barang barang itu tidak dipake, hanya dikoleksi saja. Misalnya senang mengkoleksi tupperware sampai satu lemari, tapi tidak dipake. Koleksi pasmina dan jilbab 5 lusin, tapi hanya sesekali dipake. - koleksi sepatu sekamar, tapi hanya segelintir yg dipake. - koleksi mobil mewah. Apakah yang dibemikian ini dibolehkan dan dibenarkan oleh syariat agama??? 


5. Mendengarkan Adzan | Shalat : Berjamaah

 Mendengar suara azan telah diatur dalam syariat agama. jika terdengar azan hendaknya didengarkan dan mengucapkan seperti yang diucapkan mu’azin. Masatu harus terus didengar sampai selesai atau boleh dimatikan, karena suara alarm itukan brisik???