Tanya Khazanah

TANYA KHAZANAH TRANS 7

EPISODE 43

 

1. Air Kurang Dari Dua Qullah | Wudhu

Sebagian dari kita berwudhu dengan mengambil air langsung dari bak mandi. Bagaimana jika bak mandi kita tidak berukuran sampai 2 qullah atau 270 liter? mengingat ada hadits yang berbunyi "kalau air itu mencapai 2 qulah, maka ia tidak membawa najis –dalam riwayat lain- tidak najis” (HR. Abu Daud, Turmudzi, Ibnu Majah dan An-Nasa’i)

apakah sah wudhu kita? mengingat sebagian besar ukuran bak mandi yang beredar di pasaran maksimal 200 liter? belum lagi kalo air itu tidak penuh mengisi bak mandi?


2. Aliran | Umum

Ketika kita belajar tentang islam, banyak kita temui aliran  aliran dan kelompok jamaah yang terkadang membuat kita bingung untuk ikut yang mana. Bagaimana sikap kita?jika kita harus sholat berjamaah, ikut yang mana?


3. Denda SPP Riba? | Muamalat

Denda karena terlambat membayar spp, apakah riba? Kapan denda itu disebut riba dan kapan bukan riba?


4. Booking Fee | Muamalat

Seseorang mengkredit properti dengan membayar booking fee. Bagaimana status booking fee itu dalam syariat? Bagaimana pula dengan orang yang bertransaksi/membeli?


5. MSG | Shalat : Jumat
Sekarang ini banyak beredar jajanan yang mengandung MSG dengan porsi yang berlebihan. Ada yang bilang makanan yang mengandung MSG rasanya lebih lezat dan membuat ketagihan. Padahal mengkonsumsi MSG yang berlebihan bisa merusak kesehatan tubuh secara perlahan, mulai dr penyakit kanker juga merusak otak. Sedangkan dalam islam kita dilarang untuk merusak diri sendiri. Bagaimana islam memandang dan mengatur hal tsb?