Tanya Khazanah

TANYA KHAZANAH TRANS 7

EPISODE 42

 

1. Tidak Diqishash Apa Diampuni? | Shalat : Jumat

Jika seseorang merampok, membunuh, atau melakukan tindak kejahatan lainnya kemudian ditetapkan hokum qishas kepadanya, maka dosanya terampuni. Akan tetapi di indonesia tidak berlaku hukum qishas. Lalu bagaimana jika ia hanya menjalani hukuman penjara karena Negara tidak menerapkan hokum qishas. Apakah hukuman penjara juga bisa menjadi tebusan atas dosa yang dialakukan sehingga di akhirat dia tidak lagi menanggung dosa itu?
 


2. Masjid Untuk Qashidahan dan Nyanyian | Shalat : Jumat

Masjid adalah rumah Allah dan dianjurkan bagi siapapun yang memasuki masjid untuk shalat tahiyatul masjid. Itu artinya, masjid harus dihormati dan dimuliakan. Lalu Bagaimana dengan fenomena orang menggunakan masjid untuk qasidahan, menyanyikan lirik-lirik religi pada momentum hari hari besar???.


3. Sakit Menggugurkan Dosa | Shalat : Jumat

sakit disebut nabi saw bisa menggugurkan dosa?. lalu bagaimana dengan sakit yang terjadi akibat ulah dirinya sendiri. Misalnya orang sakit liver karena dia suka mabuk. Orang yang terinfeksi penyakit HIV aid karena pelakunya pengguna narkoba, bergantian jarum suntik. Apakah penyakit akibat ulah sendiri juga dapat menghapus dosa????
 


4. Kenapa Kata Ikhlas Tidak Ada Dalam Surat Al-Ikhlas | Shalat : Jumat

Semua nama surat al quran, pasti nama itu disebutkan di dalamnya surat itu. Tapi Surat Al-ikhlas kenapa tidak disebut dalam suratnya sendiri? Pesan apa yang hendak hendak disampaikan oleh Allah SWT?
 


5. Tiga Surat | Shalat : Jumat

Sebagian imam membaca 3 surat pendek sekaligus (al-alaq, An-naas, al-ikhlas) dalam satu rakaat pada saat rakaat terakhir di shalat witir, mengapa demikian? Apakah berlaku di rakaat yang lain?, dan apakah juga berlaku di shalat wajib? apakah jika kita shalat sendirian juga boleh melakukannya?