Tanya Khazanah

TANYA KHAZANAH TRANS 7

EPISODE 41

 

1. Doa Qunut | Shalat : Jumat

  1. Mengapa doa qunut diperselisihkan, ada yang qunut dan ada yang tidak? Apa masalahnya?

  2. Bagi yang berdoa qunut ada yang menjadi pertanyaan; Mengapa imam saat berdoa qunut hanya dibaca setengahnya saja lalu diam? Mengapa tidak dibaca lengkap? Saat imam diam setelah separuh doa qunut, apakah makmum yang berqunut wajib membaca sisa doa qunut yang separuh lagi, atau saat itu bolehkah makmum membaca doa lain selain qunut, misalnya doa untuk kepentingan sendiri atau doa umat muslim di dunia seperti muslim rohingya?

  3. Apakah doa qunut itu hanya dibaca ketika shalat subuh saja, bolehkah dibaca pada shalat lain, zuhur, asar, maghrib atau isya?


2. Waktu mustajab di akhir sujud dan pada tahiyat akhir sebelum salam: | Shalat : Jumat
  1. Ada yang bilang, bahwa salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa adalah saat sujud terakhir dan setelah membaca bacaan tahiyat akhir sebelum salam, benarkah demikian? Doa apa yang dibaca? Bolehkah saat itu membaca doa dengan bahasa indonesia?

  2. Jika dalam kondisi berjamaah, bolehkah memperlama sujud terakhirnya untuk berdoa agak panjang, sementara imam sudah duduk tahiyat akhir? Demikian pula bolehkah seorang makmum membaca doa ditahiyat akhir sebelum salam, sementara imam sudah salam? Karena jika itu dilakukan seakan akan makmum yangmelakukan ini tidak mengiktuti imam..


3. Membaca amiin | Shalat : Jumat
  1. Makmum mengucapkan amin setelah imam membaca waladhaalin; di Indonesia biasanya makmum mengucapkan aamiin dengan suara keras. Tapi di negara lain ada yang dengan suara pelan, kenapa begitu? Apa hukum mengucapkannya, dan bagaimana jika makmum tidak mengucapkannya? Sebenarnya apa artinya?

  2. Mengamini doa orang lain, apakah kita mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang berdoa? Apakah mengamini doa orang dianjurkan? Apa bedanya dengan ucapan “qabuul” ketika mendengar orang mendoakan kita?


3. Gadai | Shalat : Jumat

bolehkah menggunakan/memanfaatkan harta gadai? contoh: si a menggadaikan motor ke b karena punya hutang. bolehkah si b menggunakan motor gadaian tersebut? bagaimana jika si b menggunakan motor tersebut untuk mencari nafkah, seperti ngojek?


5. Hak Asuh Anak | Shalat : Jumat

Hak asuhan aksetelah perceraian.


6. Mushaf | Shalat : Jumat

enomena mencium mushaf setelah membaca al-qur’an dan menciumnya setelahjatuh. Bagaimanasyari’at mengatur?