Tanya Khazanah

TANYA KHAZANAH TRANS 7

EPISODE 40

 

1. Mencuci Pakaian Mengandung Najis | Najis

Mencuci pakaian - pakaian yang najis, bercampur dengan pakaian yang tidak najis dalam satu tempat (misalnya mesin cuci). Apakah bisa bersih dan suci, seperti yang disyaratkan dalam hadits. Misalnya di laundry yang banyak dicampur antara pakaian klien satu dengan yang lain. Adakah Cara mencuci pakaian najis di mesin cuci ? (tekhnis berdasarkan fiqih)

وثيلبك فطهر


2. Memanfaatkan Jalan Umum Untuk Kepentingan Pribadi | Muamalat

Bagaimana hukumnya memanfaatkan jalan umum untuk kepentingan pribadi. Seperti memajukan pagar, parkir didepan rumah tetangga tanpa izin. Sehingga mengganggu orang lain. Padahal dalam islam sangat dilarang menghalangi jalan. Bahkan jika ada duri yang menghalangi jalanpun kita dianjurkan untuk menyingkirkannya sebagai ketakwaan kita kepada Allah SWT.


3. Latah Dalam Shalat | Sah dan Batal Shalat

Fenomena orang latah banyak terjadi di sekitaran masyarakat. Lalu Bagaimana sholat orang latah yang ketika kaget dia spontan mengucapkan kata-kata di luar bacaan sholat bahkan mungkin saja mengucap kata kotor? Bagaimana jika latahnya parah dan dia mudah kaget?

كُنَّا نَتَكَلَّمُ فيِ الصَّلاَةِ يُكَلِّمُ الرَّجُلُ مِنَّا صَاحِبَهُ وَهُوَ إِلىَ جَنْبِهِ حَتَّى نَزَلَتْ: وَقُومُوا للهِ قَانِتِيْنَ فَأُمِرْناَ بِالسُّكُوتِ وَنُهِيْنَا عَنِ الكَلاَمِ

 


4. Rumah Warisan Atau Hibah | Mawaris

Warisan: orang tua banyak anak dan banyak rumah. ketika masih hidup, anak-anaknya menempati rumah-rumah orang tuanya. Ketika orang tua meninggal apakah rumah yang mereka tempati otomatis menjadi hak mereka atau menjadi harta waris? Kendaraan atas nama anak-anak, ketika orang tua meninggal apakah juga menjadi harta waris?

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا تَدَايَنْتُمْ بِدَيْنٍ إِلَىٰ أَجَلٍ مُسَمًّى فَاكْتُبُوهُ


5. Allah Menyebut Diri-Nya Kami | Al-Quran

Dalam Al-Qur’an sering kali ada penyebutan “kami” padahal yang kita ketahui Allah itu Esa, lalu siapa yang dimaksud dengan “kami” pada alQur'an?
contohnya : Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah.” (Al-Mu’minuun Ayat 12)