Tanya Khazanah

TANYA KHAZANAH TRANS 7

EPISODE 3

 

1. Tanda Taubat Diterima | Umum

Adakah tanda-tanda yang bisa dikenali secara mudah untuk menunjukkan bahwa taubat kita dari dosa-dosa yang kita lakukan itu telah diampuni dan diterima oleh Allah SWT. ada beberapa point penting yang perlu diketahui. Pertama, bahwa Allah SWT adalah Tuhan Yang Maha Penerima taubat dan memerintahkan kita bertaubat. Kedua, buat umat Rasulullah SAW, dosa dan taubat itu memang tidak tampil secara visual, tetapi ada ciri yang bukan menjadi parameter baku.


2. Zakat Emas | Zakat

Apabila kita yang setiap tahun membayar zakat emasnya. Perhiasan emas yang dipakai sehari-hari tidak dihitung,sedangkan perhiasan emas yang jarang dipakai dihitung dalam perhitungan zakatnya.

Namun ada perhiasan emasnya (misalnya kalung seberat 20g) yang tidak dihitung dalam perhitungan zakatnya selama 20 tahun karena kalung tersebut dipinjamkan kepada ibunya untuk dipakai, namun ternyata sang ibu tidak pernah memakai hanya disimpan saja hingga sang ibu meninggal dan kalung tersebut dikembalikan kepada pemilik.

Pertanyaan:

Apakah kalung tersebut seharusnya dihitung dalam perhitungan zakat si pemilik pada tahun-tahun yang lalu, mengingat kalung tersebut ternyata tidak dipakai ibunya sehari-hari?

Jika iya apakah berarti pemilik punya hutang zakat sejumlah 20g X 2.5% X 20 tahun, yang berarti jumlahnya melebihi berat kalung itu sendiri? Bagaimana seharusnya menyikapi kondisi ini?


3. Membatalkan Nadzar Sebelum Terlaksana | Umum

Bolehkah bernazar? Karena ada sumber mengatakan bahwa nazar kurang disukai ulama. Bagaimana hukumnya membatalkan nadzar sebelum terlaksana apa yang diinginkan? Apa ada konsekuensi bila kita membatalkan nadzar sebelum terlaksana?


4. Bersentuhan Dengan Wanita Membatalkan Wudhu’? | Wudhu

Terkait batal tidaknya wudhu' apabila kulit kita tersentuh secara langsung tanpa alas dengan wanita yang bukan mahram, berbagai sumber mengatakan bersentuhan dengan lawan jenis membatalkan wudhu', tetapi di masa sekarang ini, di banyak pengajian muncul pandangan yang berbeda sekali. Kebanyakan mengatakan tidak batalnya wudhu' meski tersentuh kulit dengan wanita. Konon kata mereka bahwa haditsnya lemah, maksudnya hadits tentang batal wudhu bila tersentuh wanita. Jadi bagaimana yang benar?

Apabila terhalang kain / pakaian apakah tidak membatalkan? Suami yang sudah wudhu hendak pergi ke masjid lalu pamit dg istri dan dicium tangannya apakah batal wudhunya? Krn istri bukan termasuk mahram, tapi org yg halal dinikahi.


5. Praktek Tayamum Rasulullah SAW | Najis

Bagaimana cara Rasulullah SAW bertayamum? Dalam kondisi apa saja kita boleh melakukan tayamum? Apakah menjaga tayamum sama seperti menjaga wudu (berlaku selama tdk melakukan hal2 yg membatalkan, atau 1x tayamum hanya utk 1x shalat)


6. Mengambil Laba Lebih dari 30% | Muamalat

Ada sumber mengatakan bahwa cara berdagang Rasulullah SAW itu tidak pernah lebih dari 30% dari harga awal beli dagangannya. Jika kita punya produk dagangan yang jika dijual, keuntungannya itu hampir 100% atau dua kali lipat dari harga awal belinya.

Jika diturunkan keuntungannya hingga 30%, maka kita dianggap menurunkan harga pasaran, dan mungkin akan ditegur bahkan dilarang oleh pedagang lain karena melakukan perbuatan yang demikian. Jadi, apakah kita tetap berdagang dengan keuntungan yang terlalu berlebihan, ataukah saya harus tetap mengikuti anjuran Rasulullah?


7. Batasan Musafir Boleh Menjamak Shalat | Shalat : Jama dan Safar

Ada perbedaan pendapat mengenai lamanya kita dianggap musafir sehingga bisa menjamak shalat. Mana yang benar, maksimal 4 hari atau selama kita berada di luar kota asal kita? Berdasar apa penentuan bolehnya menjamak sholat, jarak, atau waktu tempuh? Seperti apa perhitungan waktunya? Jika dari kota A, kita safar ke kota B 5 hari, lalu hari ke 5 kita melanjutkan safar lagi ke kota C, bagaimana batas dibolehkannya kita menjamak shalat?


8. Definisi Luar Kota dalam Syarat Menjama Sholat | Shalat : Jama dan Safar

Definisi kota menurut syariah sehubungan dengan syarat boleh menjama'. Apakah kota itu berdasarkan wilayah administrasi atau berdasar suatu kawasan yang dihuni manusia?

Jika berdasar wilayah admistrasi maka Jakarta Pusat/Utara/Timur/Selatan merupakan luar kota bagi penghuni Jakarta Barat karena berbeda kotamadya. demikian juga bila berada di Bekasi, Depok, dan Tangerang. Jika berdasar suatu kawasan maka orang-orang di Kalimantan/Sulawesi/Papua yang bepergian dari satu kecamatan ke kecamatan lain walau masih dalam satu kabupaten boleh menjama' sholat karena jaraknya melebihi 80-an km.


9. Tiga Versi bacaan tasyahud yang berbeda | Shalat

Menurut sumber sebenarnya lafadz tasyahhud itu bukan hanya ada satu versi tetapi ada beberapa versi yang berbeda-beda. Apakah itu benar?

Apakah perbedaan ini karena perbedaan hadits ataukah karena perbedaan di level mazhab fiqih. Kalau memang haditsnya berbeda-beda, mohon ustadz sampaikan beberapa versi haditsnya itu dan apa saja kitab hadits yang memuat versi yang berbeda-beda itu?