Tanya Khazanah

TANYA KHAZANAH TRANS 7

EPISODE 29

 

1. Menggaruk Saat Shalat | Sah dan Batal Shalat

Saat shalat terkadang kita suka merasa gatal dan ingin menggaruknya, kejadian ini sering saja berulang dikala kita shalat. Apakah kita boleh menggaruknya? Mengingat ada yang mengatakan kita hanya di perbolehkan melakukan gerakan di luar shalat maksimal 3 gerakan, apakah benar? Bagaimana jika menguap saat shalat, apakah jg harus di tutup dengan tangan? Karena banyak orang yg shalat menguap tdk menutup mulutnya


2. Najis di Keramik | Najis

Apakah benar jika kita membersihkan najis di keramik rumah dengan cara di pel dengan pengharum lantai? Mengingat dengan cara tersebut warna dan baunya sudah hilang yg menjadi tanda bahwa nanjis tersebut sudah hilang. Lalu adakah cara2 yang lain untuk menghilangkan najis selain mencucinya jika dalam kondisi tersebut tidak ada air?


3. Kencing Tembus Kasur | Najis

Kencing bayi perempuan yang belum makan hanya asi merupakan najis yang penyuciannya harus di air yang mengalir. Lalu bagaimana jika bayi kencing di sprei sampai menembus kasur, apakah semuanya harus di cuci sampai kasurnya? Atau biarkan saja msngering karena tidak ada bekas dan juga baunya yang menandakan najis itu telah hilang


4. Adzan Wanita | Wanita

Terkadang para wanita setelah melaksanakan pengajian, mereka melaksanakan shalat berjamaah. Entah itu selesai dzuhur, ashar atau menjelang isya. Apakah jika seluruh jamaahnya wanita di syariatkan untuk adzan dan juga iqomah sebelum memulai shalat?


5. Nadzar Dengan Yang Wajib | Umum

Bolehkah kita bernadzar terhadap sesuatu yang memang sudah di wajibkan oleh kita? Misal jika saya lulus saya akan shalat 5 waktu tak pernah meninggalkannya, jika saya kaya maka saya akan pergi haji dsb nya. Adakah persyaratan jika kita ingin bernadzar dalam islam?