Tanya Khazanah

TANYA KHAZANAH TRANS 7

EPISODE 28

 

1. Mahram Wanita Bepergian | Wanita

Ada hadits yg berbunyi “Janganlah wanita safar (bepergian jauh) kecuali bersama dengan mahromnya, dan janganlah seorang (laki-laki) menemuinya melainkan wanita itu disertai mahromnya". Lalu bagaimana hukumnya wanita yg belum berkeluarga atau terpisah dgn suami ketika ingin mudik ke kampung halaman? Apakah harus bersama mahramnya atau diperbolehkan sendiri?


2. Makan Berdiri | Kuliner

Saat bulan syawal biasanya banyak orang melakukan pernikahan. Tapi sayangnya dalam acara resepsi tersebut sangat jarang yang menyediakan kursi, sehingga kita harus makan dan minum berdiri, apakah ini di benarkan dalam syariat? Jika kondisinya seperti itu apa yang harus kita lakukan?


3. Makan Sehabis Wudhu | Wudhu

Apakah setelah berwudhu kita di perbolehkan untuk makan dan minum? Karena ada sebagian yg mengatakan itu dapat membatalkan wudhu, sebagian mengatakan tidak membatalkan asal tidak makan daging2an, mana yang benar? Lalu apa saja yg dapat membuat batalnya wudhu kita?


4. Bismillah Dalam Fatihah | Al-Quran

Saat shalat berjamaah yang mengeraskan suara, ada imam yang membaca bismillah ketika membaca surat alfatihah tetapi ada juga yang tidak, manakah yang benar? Bukankah bismillah masuk dalam ayat pertama dalam surat alfatihah? Soal lain adalah bismillah juga kadang di baca dan tidak ketika membaca surat-surat pendek setelah alfatihah, manakah yang sesuai syariat?


5. Dua Gelombang Jamaah Dalam Satu Masjid | Shalat : Berjamaah

Setelah selesai sholat berjamaah, terkadang ada jemaah lain yang membentuk sholat jamaah. Jadi dalam satu masjid ada dua imam, bolehkah seperti ini?