Tanya Khazanah

TANYA KHAZANAH TRANS 7

EPISODE 25

 

1. Belum Qadha Puasa Sampai Lewat Tahun Berikutnya | Puasa

Apakah meng qadha puasa ramadhan harus sebelum ramadhan tahun depan, bagaimana jika sebelum ramadhan tahun depan belum terbayar, apakah boleh mengqada di tahun berikutnya lagi? mengingat ada yang mengatakan bahwa jika belum terbayar sampai puasa ramadhan selanjutnya maka qadha nya menjadi dua kali lipat, apakah benar?


2. Qadha Dipaskan Senin Kamis | Puasa

Kalau diniatkan dengan puasa sunnah, misalnya di paskan dengan hari senin, apakah tetap mendapatkan dua pahala yaitu puasa sunnah dan meng qadha?


3. Puasa Tapi Tidak Shalat | Puasa

Puasa di bulan ramadhan merupakan sesuatu yang wajib, tapi banyak orang yang puasa tapi tidak shalat. dalam hal ini apakah puasanya tersebut tetap sah? lalu bagaimana jika dia puasa tapi juga tidak menjalankan ibadah2 yang lainnya, apakah ini termasuk perbuatan yang sia-sia?


4. Batasan Terakhir Zakat Fitrah | Zakat

 Untuk batasan zakat fitrah, apakah berakhir dengan masuknya waktu shalat ied atau khatib naik mimbar? persoalan lain adalah zakat sudah kita bayar tepat pada waktunya, namun ternyata masih ada sisa zakat yang belum tersalurkan oleh amil zakat, bahkan sampai lebaran, lalu apa yang harus di lakukan? apakah yang bayar zakat tersebut tetap sah atau tidak karena belum di bayarkan?


5. Berbuka Keliru Mengira Sudah Maghrib | Puasa

Terkadang orang salah dalam mendengar adzan maghrib dan ketika itu langsung berbuka puasa. pada saat ia makan ternyata adzan maghrib yang sesungguhnya baru berkumandang, lantas bagaimana puasanya? apakah tetap sah atau tidak?