Tanya Khazanah

TANYA KHAZANAH TRANS 7

EPISODE 23

 

1. Waxing | Wanita

Waxing adalah cara mencabut bulu-bulu halus semi permanen yang cukup populer, praktek ini biasanya dilakukan di tangan dan kaki. Waxing banyak di lakukan terutama pada wanita untuk terlihat lebih cantik, walau caranya agak sedikit menyakitkan, apakah cara ini di perbolehkan? Jika praktek tersebut tidak dibolehkan, bagaimana jika suami memintanya agar istri nampak lebih cantik?


2. Mencabut Alis | Wanita

Bagaimana hukumnya mencabut bulu yang tidak disebutkan dalam sunnah, misalkan mencabut alis agar terlihat lebih rapih atau bulu halus pada wajah wanita? Persoalan lain bagaimana jika seorang wanita mempunyai kumis halus, apakah wajib mencukurnya? Mengingat ada dalil yg memerintahkan mencukur kumis, apakah ini berlaku juga bagi wanita?


3. Kencing Sembarangan | Najis

Praktek kencing sembarangan sudah sering kita lihat. Seringkali dilakukan di bawah pohon, di samping mobil dan dimana saja. Bagaimanakah hukumnya kencing sembarangan? Jika tidak diperbolehkan, bagaimana jika sudah kebelet? Mengingat jika menahan kencing akan menimbulkan berbagai macam penyakit.


4. Menangis Saat Shalat | Sah dan Batal Shalat

Kita sering mendengar imam menangis ketika memimpin sholat, entah ayatnya yg menggetarkan atau terbawa suasana hati. Bahkan terkadang kita sendiri juga menangis karena khusunya sholat kita. Dalam hal ini bagaimana hukumnya? Apakah dapat membatalkan sholat?


5. Tidak Shalat Jumat 3 Kali Berturun-turut | Shalat : Jumat

Ada yang mengatakan bahwa jika kita tidak shalat jumat selama tiga kali berturut-turut maka secara otomatis keislaman kita akan batal, apakah ini benar? Jika benar lalu apakah kita harus bersyahadat lagi dan ada saksi? Bagaimana jika alasannya syari, misal safar yang membuat dia tidak bisa shalat jumat, apakah termasuk dalam kategori batal keislamannya atau pada saat tersebut ganti saja dengan shalat dzuhur?