Tanya Khazanah

TANYA KHAZANAH TRANS 7

EPISODE 20

 

1. Ingus | Najis

Menderita sakit flu menjadi persoalan tersendiri saat melakukan shalat. Karena terkadang di tengah shalat sering keluar ingus. Dalam kondisi demikian terkadang terpaksa kita mengusapnya dengan tangan atau baju. Apakah ingus tidak najis? Kasus yang terkadang terjadi, ada orang yang membawa sapu tangan atau tisu lalu ditengah shalat itu mengelap hidung atau dahak lalu memasukkan ke dalam saku. Apakah yang demikian ini tidak mengganggu keabsahan shalat kita?


2. Kepiting | Kuliner

Ada yang bilang Kepiting termasuk hewan yang haram dimakan? Padahal jenis makanan ini sangat banyak dijajakan di tempat umum, bahkan di pinggir pinggir jalan. Bukankah kepiting termasuk binatang air mengapa diharamkan? Hewan hewan laut bahkan bangkainya halal untuk dimakan, adakah hewan laut yang diharamkan?


3. Haram Daging Anjing | Kuliner

Terkait dengan makanan haram, Ada orang yang bilang bahwa daging anjing tidak haram untuk dikonsumsi. Alasannya yang diharamkan menurut Al-Quran hanyalah daging babi, darah dan sembelihan yang tidak atas nama Allah. benarkah demikian? Sebenarnya seperti apa kriteria umum hewan hewan yang tidak boleh dikonsumsi alias haram itu? (kriteria hewan haram dijelaskan detail, akan dibuat grafis)


4. Terlanjur Makan Haram | Kuliner

Jika kita terlanjur mengkonsumsi makanan haram karena tidak tahu makan tersebut haram, lalu kita diingatkan orang bahwa makan yang telah kita konsumsi itu haram, apa yang harus kita lakukan, cukupkah kita bertaubat?


5. Hukum Aqiqah | Umum

Masalah akikah selalu menjadi pertanyaan banyak orang, sekalipun sudah banyak yang menjelaskan masalah ini, khususnya orang yang belum diakikahi, katanya jiwanya akan tergadai. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan tergadai ini? Karena orang yang belum diakikahi selalu merasa belum sreg sebelum diakikahi padahal dia sudah dewasa. Sebenarnya mana pendapat yang paling kuat tentang anak yang belum diakikahi, apakah masih ada kewajiban untuk diakikahi meskipun sudah dewasa?