Tanya Khazanah

TANYA KHAZANAH TRANS 7

EPISODE 19

 

1. Pengemis | Umum

Banyak pengemis yang masi hsehat dan fisik kuat, kalo kita ngasih rasanya tidak mendidik, tapi tidak ngasih rasanya seperti pelit mengeluarkan sedekah. apakah jika kita tidak memberi sedekah pada orang tersebut kita tercela? sebaliknya apakah kalo kita tidak memberi sedekah dengan niat memberi pelajaran dibolehkan? benarkah nabi saw kalo memberi sedekah pada pengemis tidak peduli dengan kondisi mereka?


2. Beda Zakat Infaq Sedekah | Zakat

kita sering kebingungan dengan isitilah memberi dalam syariat. ada istilah sedekah, ada infak ada zakat. terkadang dalam ayat al quran, istilah ini penggunaannya agak mirip. sebenarnya apa bedanya?


3. Imam Terlalu Lama | Shalat : Berjamaah

terkadang kita mendapati imam shalat membaca surat yang panjang sekali sehingga banyak makmum yang sengaja berdehem.. sahut menyahut, menunjukkan protes ke imam, tapi imam cuek.. dalam kondisi ini jika kita keluar dari jamaah dengan pertimbangan, dari pada menggerutu terus sehingga merusak shalat lebih baik keluar saja lalu shalat sendiri atau membuat jamaah baru setelah selesai shalat berjamaah itu?? bolehkah tindakan ini? apakah dia berdosa karena membatalkan shalatnya? bagaimana dengan makmum yang memberi kode dengan berdehem agar imam mempercepat bacaaannya??


4. Ancaman Tidak Shalat | Shalat

ada brodcast dan poster yang beredar tentang akibat meninggalkan shalat: satu kali meninggalkan shalat akan dimasukkan ke dalam neraka selama 30 tahun yang sama dengan 60.000 tahun di dunia: satu kali meninggalkan shalat dhuhur dosanya sama dengan membunuh 1.000 orang umat islam. satu kali meninggalkan shalat ashar dosanya sama dengan menutup dan meruntuhkan kabah, satu kali meninggalkan sholat magrib dosanya sama dengan berzina dengan orang tua, satu kali meninggalkan shalat isya tidak akan diridhoi oleh allah swt tinggal di bumi atau di bawah langit serta makan dan minum dari nikmat-nya.


5. Bersalaman Dengan Wanita Bukan Mahram | Wanita

Kedatangan raja salman beberapa waktu lalu menyisakan banyak tanya di kalangan kaum muslim indonesia. karena raja salman sebagai pelayan tanah suci tidak menolak menyalami wanita. bahkan moment bersalaman dengan ibu puan maharani menjadi viral di mana mana. apakah memang bersalaman dengan wanita itu dibolehkan? atau hanya dalam kondisi darurat seperti yang dilakukan raja salman???