Tanya Khazanah

TANYA KHAZANAH TRANS 7

EPISODE 16

 

1. Salam Dalam Shalat | Shalat

Biasanya salam dilakukan 2 kali sambil menoleh ke kanan dan ke kiri. Namun salam yang manakah yang menjadi tanda selesainya shalat, yang pertama atau yang kedua?

a.      Bagaimana jika makmum mendahului imam mengucapkan salam kedua ketika menoleh ke kiri, apakah hal itu merusak shalat berjamaahnya?

b.      Bacaan salam itu a pakah hanya sebatas ‘assalamu ‘alaikum warahmatullah’, ataukah ditambahi dengan lafadz ‘wabarakatuh’?

c.       Bolehkah orang yang melantunkan adzan dan iqamah kemudian juga sekalian menjadi imam shalat berjamaah?


2. Shalat qabliyah Iqamah Dikumandangkan | Shalat

Ketika sedang shalat qabliyah lalu iqamah dikumandangkan, apa yang harus dilakukan, apakah kita batalkan shalat sunnah itu atau tetap diteruskan dengan dipercepat tetapi resikonya akan ketinggalan jamaah?


3. Al-Quran di Smarphone | Al-Quran

Sebagian besar di smartphone kita ada aplikasi Al-Quran . Jika kita membaca Al-Quran melalui hp apakah harus berwudhu dulu? Lalu bagaimana hukumnya jika kita membawanya ketika ke toilet?


4. Tajwid Salah | Al-Quran

Jika kita membaca Al-Quran sendirian kemudian salah dalam membaca tajwid dan panjang pendeknya, lalu bagaimanakah hukumnya bacaan alquran kita? Apakah itu dapat mengubah arti dari ayat tersebut


5. Mushaf Huruf Latin | Al-Quran

Sahkah kita jika membaca alquran dengan huruf latin? Mengingat banyak orang yg belum lancar membaca tulisan arabnya